AT CAFE 6 (2016)


Setiap orang pernah merasakan masa remaja, namun kehidupannya berbeda.

Diawali dengan meroketnya popularitas You Are The Apple of My Eye karena sedikit banyak mewakili perasaan kaula muda yang gundah gulana karena cinta pada medio 2013 silam, menciptakan sebuah tren yang sedang marak di kalangan sineas daratan Cina, khususnya Taiwan. 
Setidaknya ada beberapa film sebelumnya  yang mengusung tema serupa seperti Our Times, Cafe Waiting Love, So Young, dan yang teranyar, At Cafe 6.
Seperti halnya deretan film yang telah kusebutkan diatas, At Cafe 6 juga menggunakan alur maju-mundur dalam bercerita. Film dibuka di waktu "masa kini" dengan menampilkan seorang wanita yang sedang berjibaku dengan mobilnya yang mogok ditengah guyuran hujan deras, kemudian datang seorang pria dan menawarkan bantuan, singkat waktu setelah memperbaiki mobil mereka pun singgah di cafe yang dimiliki pria tersebut untuk menyeruput kopi sembari mengeringkan badan. Guna membunuh waktu, keduanya berbincang-bincang dengan topik obrolan dipicu dari pertikaian si wanita dengan kekasihnya nan jauh disana. Si pemilik cafe kemudian terkenang ke masa lalunya bersama sahabat dan cinta sejatinya. Kemudian At Cafe 6 mengajak kita untuk menengok kembali jauh kebelakang akan kenangan si pemilik cafe saat SMA dulu.


Setidaknya 4 orang memegang peranan penting dalam guliran kisah kedepannya. Ada seorang bernama Min Lu (Dong Zian), ia sangat menyukai Xin Rui (Cherry Ngan), kemudian Bo Zhi (Lin Bo Hong) yang secara terang terangan menyukai temannya Xin Rui, Xin Yi (Ouyang Nini).
Seperti judul judul yang pernah kusebutkan diatas, pada mulanya hubungan mereka pun terdengar mustahil pada mulanya menilik kesenjangan pola pikir dan kepribadian mereka.
Tentu kita tahu jika hubungan mustahil mereka akan terlaksana, dan Neal Wu selaku sutradara dan juga penulis novel Green cafe yang menjadi sumber acuan film ini langsung memberikan jawaban dengan menyatukan cinta mereka (baca:xin rui dan min lu) karena bukan disitu letak poin utama At Cafe 6. 

Selepas mereka memplokamirkan hubungan mereka pada dunia film membawa kita pada fase kuliah yang menjadi titik balik kehidupan para remaja ini. Sebenarnya keempat remaja ini telah berpacaran, namun aku disini lebih menitikberatkan pada jalinan kisah Min Lu dan Xin Rui, selain karena mereka sebagai poros utama penggerak cerita kisah mereka pula yang lebih menarik untuk diulik.


Pada masa ini mereka menjalani kehidupan karak jauh dan beberapa bulan awalnya berjalan baik baik saja, namun perlahan tapi pasti sekat pemisah antara mereka mulai terlihat kala pemikiran telah berbeda jalan. Tatkala pertanyaan "saat long distance relationship tak berjalan dengan semestinya, apakah jarak adalah satu-satunya hal yang patut dipersalahkan?" nada film seketika berubah, yang awalnya ceria penuh semangat layaknya kehidupan remaja yang lagi panas panasnya berubah menjadi pilu dan menyayat-nyayat kalbu.
Saat konflik demi konflik mulai menguap para penonton layaknya diberi pelajaran singkat tentang "tata cara membina hubungan jarak jauh" dengan kisah Min Lu dan Xin Rui sebagai study kasus. Juga pelajaran tentang persahabatan, belajar dari kesalahan dan juga mengikhlaskan sesuatu yang telah hilang.

Sejatinya At Cafe 6 lebih kuat kala menempatkan fokusnya pada persahabatan Min Lu dan Bo Zhi ketimbang saat berkutat dengan kisah kasih tokoh utama. At Cafe 6 lebih ke coming-of-age drama ketimbang romace drama, setidaknya ada 2 faktor yang mampu menguatkan hipotesis ini. Pertama, chemistry Dong Zijian dengan Cherry Ngan tak sekuat kala Dong Zijian disandingkan dengan Lin Bo Hong, semacam afa sekat pemisah, kedua sosok Xin Rui cenderung berjarak hingga sulit untuk menemukan motivasinya apalagi menyukainya. 


Walau pada akhirnya kadar manis At Cafe 6 tak semanis Our Times dan You Are The Apple of My Eye plus penambahan sisi gloomy menjelang tutup durasi sangat salah tempat, At Cafe 6 masih nikmat diseruput layaknya kopi pada umumnya dengan memberikan tontonan yang memikat dan cukup bernutrisi bagi otak serta hati dengan muatan filosofinya, khususnya bagi mereka yang sedang menjalani hubungan jarak jauh.

Catatan : jangan buru buru beranjak karena ada selingan adegan di penghujung credit title yang memberi sekelumit info tentang salah satu karakter.

At cafe 6 : 3.5/5
RIZALDI : 9 juli 2017 

Sutradara : Neal Wu
Penulis : Yuen Cheng Cheng
Pemain : Dong Zijian, Lin Bo Hong, Cherry Ngan, Ouyang Nini 

Comments