THE MUMMY (2017)


Jika ada yang harus di salahkan maka Marvel lah yang harus disalahkan atas ini semua karena memulai  Cinematic Universe-nya hingga membuat para petinggi studio lainnya latah ingin meniru kesuksesannya.

Salah satu studio yang ikut "latah" tersebut adalah Universal Studio yang membuat Dark Universe, dunia yang di isi oleh makhluk mengerikan legendaris dari dunia fiksi seoerti Dracula, Invisible Man, Frankenstein, Wolf Man. Pembuka spectacle megah tersebut ditugaskan kepada The Mummy yang mengikut sertakan seorang Tom Cruise sebagai daya jual utama.

Tom Cruise disini berperan sebagai Nick morton, seorang anggota militer Amerika yang tengah bertugas di Irak. Nick mempunyai pekerjaan sampingan berburu harta karun yang dijualnya ke pasar gelap. Nick tidak melakukan semua itu sendiri, ia ditemani Chris Vail (Jack Johnson) yang sebenarnya enggan melakukan itu semua namun daya tarik yang tinggi terhadap emas mendorongnya ikut serta.

Dalam perburuan terbarunya Nick mencuri peta seorang arkeolog, Jenny Halsey (Annabelle Wallis) yang mengantarkannya pada sebuah makam yang belakangan diketahui menyimpan sebuah sarkofagus yang di diami oleh mumi puti Ahmanet (Sofia Boutella), seorang putri yang semasa hidupnya melakukan perbuatan keji kepada ayahnya yang merupakan raja Mesir dikarenakan gagal berkuasa.

Dilandasi keinginan berlebih untuk menyelidiki Ahmanet lebih jauh, Jenny membawanya ke London yang kita semua tahu jika itu bukan keputusan yang bijak. Betul saja, ditengah perjalanan mereka ke London Ahmanet bangun dari tidur panjangnya. Sang putri yang telah dikuasai dendam dan amarah berencana membuat kekacauan besar di dunia berbekal pisau sakti milik dewa kegelapan, Set. Setelah itu seperti yang kalian tebak, Jenny dan Nick harus berpacu dengan waktu demi menyelamatkan dunia.


Meskipun berjudul sama dengan film garapan Stephen Sommers tahun 1999 silam, The Mummy yang sekarang sangat berbeda. Kesamannya mungkin kebangkitan si mumi dan dua tokoh utamanya agak slingean, cuma sampai disitu. Meskipun sutradara Alex Kurtzman telah berusaha keras untuk membuatnya seperti film pertama yang penuh petualangan, mistis namun juga memberikan aura romansa yang kuat. Stephen Sommers berhasil melakukannya pada tahun 1999,namun Kurtzman sepertinya tersesat saat hendak menuju kesana.

Meskipun paruh awal kita diberikan sajian yang menyenangkan, bisa dikata beberapa menit sekali ada kemeriahan yang menyeruak menghiasi layar bioskop, dimulai dari ekspedisi menelusuri peta milik Jenny di Irak, detik detik jatuhnya pesawat yang sering kita lihat saat promosi toh masih mampu memberi ketegangan yang dibutuhkan. Namun selepas itu kandasnya pesawat dan pencitraan dialihkan ke Britania Raya perlahan daya cengkramnya berangsur mengendur. Ironis mengingat seharusnya kebangkitan Ahmanet menjadi awal mula ketegangan film meningkat.

The Mummy mencomot bergagai macam elemen dari genre berbeda (aksi, horor, misteri, romance, advanture) dan di blender menjadi satu sehingga menghasilkan film yang rumit sendiri karena mengorbankan koherensi. The Mummy mencoba tuk serius namun nyatanya ia cukup konyol.
Chemistry para tokoh sangat payah, Kurtzman gagal menyampaikan romansa pada jalinan kisahnya, seharusnya babak ketiga yang paling membutuhkan romansa Nick dan Jenny untuk menjadi turning poin yang dramatis gagal terlaksana, usaha keras Tom Cruise sepertinya kurang membuahkan hasil. Dan oh, jangan memintaku membahas tentang Russell Crowe, perannya masih tak kumengerti sepenting apa dalam cerita.


Naskah yang ditulis oleh trio David Koep (Spider-Man, Panic Room) Cristopher McQuarrie (The Usual Suspects, Mission Impossible - Rouge Nation) dan Dylan Kussman terkesan malas dalam merangkai resolusi meyakinkan, seperri dirangkai sembarangan menjadi satu.
Plot cerita yang bergerak sesuka hati tanpa alasan yang jelas.

The Mummy telah berhasil, setidaknya dalam membuat film yang di bintangi Tom Cruise ini masuk dalam level bencana. 

Rating : 2/5

IMDb  |  rottentomatoes
107 menit | remaja

Sutradara : Alex Kurtzman
Penulis : David Koep, Cristopher McQuarrie, Dylan Kussman
Pemain : Tom Cruise, Sofia Boutella, Annabelle Wallis

Comments