PERANG (One Piece artikel)

Pertama-tama ku ucapkan dulu,  Mahaban ya Ramadhan bagi kita semua, semoga dengan datangnya bulan suci ramadhan tahun ini menjadi suatu titik balik bagi pribadi masing masing agar menjadi lebih baik dan berguna.

Maaf chapter terbaru tak sempat ku review dikarenakan kesibukan di dunia nyata, namun demi menebus itu semua aku akan membuat sebuah pembahasan dengan tema peperangan. Semoga bermanfaat, mari kita mulai saja thread nya gan XD.


Peperangan meeupakan seuatu hal yang lumrah pada manga shounen sehingga peperangan acapkali digunakan untuk menyelesaikan sebuah masalah dalam sebuah cerita. Dalam manga One Piece sendiri pun dapat dikatakan demikian, namun jika kalian perhatikan dengan baik bahkan fokus pada detail terkecil sekalipun maka akan kalian dapati suatu yang lebih kelam, lebih rumit dari yang kita bayangkan.

Jika biasanya peperangan hanya menampilkan 2 pihak yang bertikai maka lain halnya dengan One Piece, disini pihak ke 3 pun ikut terlibat. Sebelum kunelaskan lebih jauh ada baiknya ku paparkan dulu siapa itu pihak ke3. Pihak ke 3 merupakan orang/kelompok yang mengambil keuntungan dari suatu peperangan, ada uang sekedar suka suka, menjadi lahan bisnis, ada juga yang menciptakan perang demi kebebasan. Dengan penggambaran pihak ke 3 inilah yang membuatnya menjadi lebih gelap dan memiliki sudut pandang lebih luas dalam mengemas sebuah cerita.

Berikut pihak pihak ke 3 jika digolongkan berdasarkan tujuan.
*Peperangan demi kekuatan.
Ingat kejadian Crocodille di Arabasta dengan organisasi baroque work-nya ataupun Marshall D Teach (Kurohinge) yang membuat perang puncak marine ford.


Ya Crocodille berusaha menggulingkan Arabasta dari balik layar dengan memfitnah sang raja hingga kehilangan respect dari rakyatnya. Lebih parahnya lagi dengan memanfaatkan iklim negara tersebut ia melakukan propaganda di kalangam penduduk demi menyalahkan pihak kerajaan atas kondisi yang sedang mereka alami. Rencana yang kalian sendiri tahu bagaimana kelanjutannya. Belakangan kita tahu jika rencananya bukan sekedar tahta raja Arabasta, melainkan senjata kuno Pluton yang entah dari mana info tersebut ia dapat.


-Kurogihe pun demikian, meskipun tak seperti rencana semula, yaitu menangkap topi jerami (buronan diatas 100 juta) dan menyerahkannya kepada pemerintah demi mendapatkan status bukai. Namun Hiken No Ace nemampakkan diri hingga dalam sekejap skenario Teach bergeser dari semula hanya mengincar posisi bukai hingga menyeret nama manusia terkuat Shirohige kedalam rencananya dengan harapan ia mampu mengambil alih posisi shirohige sebagai Yonkou. Dan seperti yang kalian tahu, teach mendapatkan semua yang diinginkannya, gura gura no mi, anggota level 6 yang telah di seleksi. Meskipun "cover" nya angkatan laut yang menang namun sejatinya tak demikian, pihak ke3 lah (disini teach) yang menang.


*Perang sebagai lahan bisnis.
Kala 2 belah pihak berpeeang demi seauatu yang patut diperjuangkan, kemerdekaan misalnya, pihak ke 3 ini memandang perang sebagai lahan untuk meraup keuntungan. Bisnis yang berlangsung apabila adanya perang.


-bisnis senjata api.
Dalam dinia op bisinis senjata api meeupakan suatu yang ilegal sehingga harus dilakukan secara terselubung, sebagian besar dilakukan melalui pasar gelap atau biasa diaebut UNDERGROUND (istilahnya black market di dunia op).
Pemasok senjata terbesar di dunia bawah tanah merupakan Joker (Dofflaminggo). Meski demikian joker cuma sebagai pengedar, itulah sebabnya di Dresrossa tak ditemukan pabrik pembuatan senjata. Sumber pasti belum ditemukan, namun dari clue yang telah diberikan pemasoknya merupakan Yonkou Kaido. Pada cover story Caribou (ch 701) pernah diperlihatkan jika di suatu pulau kekuasaan Kaido terdapat pabrik senjata.

Konsumen doffy tentu saja negara negara yang sedang berperang, apakah dengan negara lain ayau mengatasi pemberontakan di negeri sendiri.
Timbul pertanyaan, apakah WG mengetahui semua ini? Tak mungkin WG tak mengetahuinya, menjadi hal yang rancu bila mereka tak menyadari aktivitas yang telah berlangsung lama dan berskala global ini, namun mereka seakan menutup mata akan ini semua dikarenakan pengaruh doffy sebagai bukai dan rahasia yang di pegangnya, dan tentu pula mereka mendapatkan imbalan dari ini semua. Tak menutup kemungkinan pula jika mereka ikut serta dalam bisnis ini. Percakapan Lucci (cp 0)dengan seseorang (ch 801) yang menjadi dasar utama keterlibatan WG dalam bisnis gelap ini.

-Bisnis tentara bayaran.
Selain bisinis ssnjata api Oda juga memperlihatkan bahwa ada yabg namanya bisnis tentara bayaran. Buggy si badut merupakan salah seorang yang cukup populer dalam bisnis ini (ch 803), terutama setelah tumbangnya hegemoni Dofflaminggo di tangan aliansi Luffy Law.
Sebenarnya bisinis ini tidak aneh karena Buggy Delivery merupakan perusahaan yang beegerak di bidang jasa, bukan sesuatu yang baru bukan? Mekanismenya ia memberikan / meminjamkan kru bajak lautnya kepada siapapun yang yang memesan jasanya. Hajruddin dan 4 kru raksasanya meeupakan bawahan Buggy sebelum bergabung dengan aliansi SHP.


Selain Buggy, Germa juga melakukan bisnis serupa, namun mereka tak hanya memberikan jasa, tapi juga menyulut perang (warmoger). Jika perang yak kunjung terjadi maka mereka akan membuatnya terjadi, tak peduli berapa banhak nyawa yang akan tumbang, asalkan bisnis mereka berjalan maka Germa akan melakukannya. Bisnis ini telah digeluti Germa selama lebih dari 10 tahun lalu (lebih senior dari Buggy XD), itu diperlihatkan saat mereka menyerang sebuah negeri di East Blue yang mana juga menjadi tempat terakhir sanji kecil bersama keluarga sebelum kabur dan singgah di sebuah kapal pesiar hingga akhirnya besar bersama Zeff si kaki merah.


*Revolusioner Army.
Pihak ketiga yang terakhir merupakan pasukan revolusi, mereka ada demi menjawab keinginan rakyat sipil yang menderita akibat kesewenang-wenangan pemerintah suatu negeri.
Metods yang kerap mereka lakukan merupakan propaganda, menyebar ideologi mereka di tiap negara yang sengsara akibat kelaliman Raja. Target mereka merupakan warga sipil yang sengsara agar membeeontak dan mengangkat senjata.
Metode ini nyatanya cukup ampuh tuk dilakukan, buktinya hanya dalam 8 tahun pertama terbentuknya organisasi, WG telah menyatakan jika RA telah menjadi ancaman nyata dan Dragon selaku pemimpin menjadi orang paling di cari di seluruh dunia. 

Lihatlah sendiri, ajang Reverie tahun ini yang seharusnya dihadiri oleh seluruh negara afiliasi WG yang berjumlah 170 negara namun yang berangkat tak sampai setengahnya.
Alasan terbesar dapat disimpulkan jika RA dalang dibalik ini semua.
Ketakutan terbesar WG bukan kekuatan tempur RA dan Dragon. Memang bangkitnya senjata kuno cukup mengerikan namun paham yang disebarkan RA lebih mengerikan, kepercayaan dunia akan WG akan runtuh.
Tak dapat dipungkiri jika propaganda masih menjadi senjata yang paling mematikan yang dikenal dalam sejarah umat manusia.

Comments